Login to Bakisah
icon 0
icon Pengisian Ulang
rightIcon
icon Riwayat Membaca
rightIcon
icon Keluar
rightIcon
icon Unduh Aplikasi
rightIcon
Gara-gara Mantan

Gara-gara Mantan

Aeera

5.0
Komentar
105
Penayangan
7
Bab

Zaman modern seperti sekarang saat orang-orang lebih tertarik Instagram dan Tiktok, Aprilia justru fokus ke Facebook dan hari-harinya selalu menanti Messenger dari orang yang entah bagaimana wujudnya. Aprilia percaya kalau sosok Rian, teman Facebooknya adalah jawaban dari doanya untuk membebaskan kutukan jomblo. Sayangnya, akal logika memaksanya sadar kalau Rian tak lebih dari teman dunia maya. Ada tuntutan calon mantu yang didesak sang mama membuat Aprilia mulai ragu pada Rian. Hidupnya tidak mudah, ia sudah jomblo masih bertemu mantan terakhir yang putus tidak baik-baik bernama Daffa. Takdir mengajak Aprilia main-main karena harus satu tempat kerja dengan Daffa, mantan terakhir yang sombong. Ada kecurigaan muncul kalau sosok Rian adalah Daffa yang menyamar dan berniat mempermainkan. Akankah Aprilia mundur saat sosok Rian membuka identitas dirinya dan sangat dikenal Aprilia? Setengah akal warasnya meminta pergi, tapi setengah lagi meminta bertahan. Lalu mana yang akan dituruti Aprilia?

Bab 1 Messenger

Rian : Kamu nggak gemuk aja cantik.

Aprilia : Kata siapa, kamu nggak tahu aja. Aku selalu dianggap tulang berjalan : (

Rian : Buktinya di foto cantik, bukan pakai kamera jahat, kan? Hehe.

Aprilia terkekeh sendiri membaca inbox yang masuk di akun Facebook-nya. Sudah lima bulan Aprilia rutin membalas pesan dari orang asing yang foto profilnya hanya gambar belalang.

Saat orang-orang lebih tertarik Instagram atau Tiktok, Aprilia lebih aktif di Facebook. Dia memiliki akun Instagram yang terabaikan hanya ada lima foto, ibarat rumah sudah kosong penuh debu dan menjadi sarang kuntilanak karena tidak dihuni bertahun-tahun.

Namanya Rian, hanya itu identitas yang Aprilia tahu karena tidak ada informasi lain. Semua foto yang di-upload aneh-aneh mulai dari semut kesepian karena sendiri. Bunga mawar sekaligus potnya, atau kucing peliharaannya.

Entah terkena pelet atau semacamnya Aprilia tertarik membalas pesan Rian lima bulan lalu. Awalnya saling like foto, berlanjut ke komentar, dan lama-lama mengirim inbox.

Aprilia belum pernah melihat fotonya dan meyakini kalau Rian bukan bapak-bapak atau bahkan aki-aki. Rian hanya selisih dua tahun lebih tua katanya dan sesekali mereka tersambung lewat panggilan Messenger.

Rian : Katanya lagi masak air, udah mendidih belum?

Saking antusias menatap ponsel sampai lupa pada air di panci. Aprilia langsung melirik ke kompor seraya meletakkan ponsel di meja. Airnya sudah mendidih untuk membuat susu ibu hamil.

Aprilia sudah cukup lama jomblo dan dia tidak mungkin hamil. Memang sama siapa? Dekat melebihi teman saja tidak pernah kecuali bersama teman Facebook bernama Rian yang entah seperti apa rupanya.

Jadi, alasan Aprilia yang berambisi menambah berat badannya membuat dia mencoba segala cara. Aprilia pernah meminum jamu pahit yang katanya terbukti menambah bobot, ternyata tidak berlaku untuk Aprilia. Dia pernah membeli madu, susu penggemuk, minum susu bayi sampai diare. Lalu pernah tergoda obat-obatan yang justru membuat Aprilia selalu lapar 24 jam mirip orang hamil sedangkan berat badannya hanya bertambah setengah kilogram.

Merasa lelah mencoba berbagai usaha, bukan berarti Aprilia menyerah. Dia tidak ingin terus dianggap tulang berjalan, bahkan teman-temannya sering mengatakan kalau dia harus bersyukur memiliki kulit, hanya itu yang Aprilia punya untuk membungkus tulangnya sehingga masih utuh. Dia seakan-akan tidak memiliki daging dan berat badannya tidak ada 41 kilogram dengan tinggi 160 cm.

Usaha terakhir Aprilia adalah meminum susu ibu hamil yang disarankan salah satu teman SMA-nya, dia lebih gendut usai rutin meminum susu ibu hamil. Tentu Aprilia mengharapkan hal serupa.

Aprilia meraih gelas di kabinet, menakar gula dan susu, lalu menyeduhnya. Dia membawa ke ruang depan sambil menonton televisi.

"Minum apaan? Susu hamil lagi?" tanya Anggun, perempuan yang tidak pernah anggun berbanding terbalik dengan namanya. Kadang Aprilia kasihan pada orang tua Anggun yang sudah menyematkan doa dalam nama sang putri, tetapi anaknya justru bertolak belakang.

Anggun baru masuk ke ruang depan, dia menatap ngeri begitu matanya menemukan Aprilia sedang berbalas pesan dan meminum susu. Anggun melempar jaket sembarang ke sofa dengan gurat kelelahan di wajah sepulang bekerja.

"Nggun, ih kebiasaan tuh jaket." Aprilia mulai mengomel melihat baru saja dirapikan sebentar lagi berantakan. Lihat saja jaket dilempar sembarang, tas sudah menggelinding ke lantai, dan ya ampun ... bahkan sepatunya satu di utara satu di selatan seolah musuh bebuyutan. Anggun hanya terkekeh tanpa merasa bersalah.

"Sori, capek banget, nih. Bos lagi resek ngasih kerjaan banyak banget. Minta disunat lagi kali," komentar Anggun dengan tingkah jauh dari kata anggun.

Perempuan itu mengikat rambutnya asal-asalan begitu melihat karet rambut di meja.

"Heran aku, kamu masih aja minum susu begituan. Udah sebulan aja masih kerempeng, tuh," komentar Anggun tanpa kasihan.

Aprilia berdecak, tidak peduli apa saja tanggapan teman seatapnya. Dia kembali serius menggulir layar membaca pesan dari satu-satunya lelaki yang dekat dengannya.

"Gila, malah senyum-senyum. Dosa apa aku malah punya teman begini, cari pacar di dunia nyata bukan di Facebook. Kamu lahir zaman batu kali, ya?" komentar Anggun lagi entah ke berapa ribu kali. Aprilia sudah hafal di luar kepala dan menganggap angin lalu.

Sebenarnya dalam hati, Aprilia iri kenapa wanita bar-bar semacam Anggun bisa berganti pacar setiap dua bulan sekali, sementara dia seakan terkena kutukan.

Apa hanya alasan Anggun good looking, bukankah fisik tidak bisa menjadi tolak ukur semata?

Aprilia mengingat masa lalu. Dia hanya pernah pacaran dua kali, pertama saat masih kelas dua SMA selama satu bulan, kedua saat memasuki kuliah sudah berjalan hampir setengah tahun kandas karena Aprilia mendadak geram pada pacarnya yang posesif.

Dia pernah punya dosa seberat apa di masa lalu sampai mendapatkan kutukan menjomlo melebihi lima tahun?

Kedua mantannya bukan tukang sihir yang bisa mengutuk dan selama ini hanya ada cerita Malin Kundang, anak durhaka yang dikutuk ibunya menjadi batu. Belum pernah ada istilah wanita dikutuk mantan pacar.

"Aprilia, kamu dengar nggak?"

Rian : Ya nggak ada yang salah namanya mencoba, kalau susu hamil bisa menambah berat badan apa salahnya dicoba, daripada penasaran.

Aprilia malas menanggapi ocehan Anggun, justru dia senyum-senyum saat bertanya pendapat Rian tentang usahanya menambah berat badan.

Entah kenapa Aprilia yang sering risih dekat dengan lelaki, dia merasa nyaman dari chat pertama dengan Rian. Aprilia percaya ada campur tangan takdir dan mungkin saja Rian jodohnya.

"Duh, pusing aku lama-lama," desis Anggun yang sudah membungkuk memungut jaket serta tas, lalu bergegas ke kamar.

Aprilia melirik sebentar, kalau saja gajinya tidak pas-pasan pasti memilih mengontrak rumah sendiri. Sayang sekali pendapatan dari kantornya yang hanya menempati posisi Staf belum bisa dikatakan cukup untuk bermewah-mewah. Apalagi Aprilia tergolong hemat dan mengontrak rumah sederhana yang hanya ada dua kamar, satu kamar mandi, dapur, dan ruang tamu akan lebih murah dibagi dua.

Tapi, tinggal bersama Anggun tidak terlalu buruk. Sekalipun hobi membuat rumah berantakan dan sulit memfilter kalimat, dia adalah teman baiknya sejak kuliah dan saling menerima kekurangan masing-masing.

Aprilia membalas Messenger dari Rian, kadang dia memikirkan ucapan Anggun yang menganggap Rian pengangguran karena selalu santai setiap saat.

"Kamu yakin, udah nggak jelas wajahnya kayak apa, nganggur. Kamu nih mau nikah sama makhluk nggak terlihat apa?"

"Dia manusia, Nggun."

"Iya, manusia yang nggak mau nunjukin diri. Kamu nggak takut apa? Nanya coba dia kerja apa, di mana?"

"Nggak enak lah baru kenal, bagi gue yang penting Rian baik."

Saat itu Anggun menyerah, melambaikan tangan andai saja ada kamera seperti di uji nyali. Namun, hari berikutnya masih berkomentar buruk soal Rian.

"Jangan-jangan dia jelek banget!" Anggun bergidik ngeri menampilkan ekspresi totalitas saat itu.

"Milih pasangan nggak dari fisik, selama nyaman apa salahnya? Tapi aku merasa Rian nggak sejelek itu."

"Tau dari mana?" Anggun menatap ngeri. "Apa mulai bisa meramal, ya?"

"Nggak tahulah, cuma yakin aja. Selama ini aku suka risih, sama Rian nyaman aja. Apa namanya kalau bukan takdir?"

Lagi, Anggun menyerah dan malas menasihati temannya yang bebal. Dia memilih membiarkan Aprilia sesuka hatinya.

Segera, Aprilia bangkit dari sofa. Dia tidak ingin memikirkan kecurigaan Anggun pada sosok Rian. Dia meletakkan ponselnya begitu saja di meja, hanya membawa gelas susu yang isinya sudah diteguk habis dengan harapan berat badannya bisa naik.

Sampai di dapur, sekalipun hanya satu gelas langsung dicuci. Dia sangat sebal melihat cucian di wastafel menumpuk menjadi satu seperti Anggun.

"Nantilah sekalian banyak baru aku cuci," komentar Anggun setiap dinasihati.

Anggun sangat pemalas sampai baju saja dibawa ke laundry satu Minggu sekali, berbeda sekali dengan Aprilia yang memiliki prinsip hemat memilih mencuci sendiri.

Selama mencuci satu gelas durasinya tiga kali lebih lama karena terus melamun mirip orang kebanyakan hutang dan dikejar rentenir. Dia mulai terpengaruh oleh kecurigaan Anggun soal sosok Rian.

"Gimana kalau dia orang jahat, ya? Apa wajahnya penuh jerawat sampai nggak mau pakai foto sendiri," gumam Aprilia. "Jangan-jangan dia udah nikah lagi, eh nggak mungkin Rian bilang masih sendiri."

Aprilia menggeleng mengentaskan pikiran ngawurnya, dia buru-buru membilas serta meletakkan gelasnya di rak, sebelum ditaruh ke kabinet setelah kering.

Selanjutnya Aprilia mengambil ponselnya untuk dibawa ke kamar dan melihat Anggun sudah berganti baju sedang terkikik mengobrol dengan pacar barunya di telepon.

"Aturan baru balik kerja mandi dulu, ya ampun ... banyak banget kuman." Aprilia memandang heran dengan ekspresi totalitas.

Anggun menoleh, lalu tertawa. "Nggak mandi aja pacarku cinta banget, kok."

"Lagi khilaf kali, nanti kalau sadar juga ogah."

"Jomblo minggir dulu, deh, ganggu orang pacaran aja."

Ya ampun ... Aprilia hanya mengusap-usap dada dengan beristigfar. Dia sendiri heran kenapa temannya yang mandi saja malas sering dirapel kalau libur bisa mudah sekali menarik perhatian lawan jenis. Apa mungkin faktor fisik yang sudah cantik dari orok, Anggun memiliki bibir kelewat tipis, hidung mungil, dan mata bulat.

Aprilia sering minder kalau jalan-jalan ke mall sekadar mencari baju baru sekalian mampir ke supermarket membeli kebutuhan bulanan. Dia merasa kebanting, kulitnya jelas beda jauh. Anggun sudah putih dari lahir, sedangkan dirinya sawo matang.

Ya, Aprilia tidak ingin mengaku jelek, beberapa orang mengatakan dia manis. Kalau Anggun cantik, dia manis harusnya sama-sama menarik.

Aprilia menggeleng, daripada sibuk membandingkan dan timbul rasa insecure. Lebih baik rebahan di kamar. Percuma saja menasihati Anggun yang hobi mandi malam-malam sekalipun seharian lembur.

***

"Aprilia, bangun!" Gedoran brutal mirip emak-emak menagih uang kos mengagetkan Aprilia yang masih terlelap. Dia beristigfar, mengusap dadanya seraya mengucap syukur tidak memiliki penyakit jantung.

Bayangkan saja memiliki teman seatap semacam Anggun dengan tingkat keanggunan minus bisa-bisa sudah tinggal nama kalau memiliki riwayat jantung.

Dengan malas-malasan, Aprilia membuka mata memandang ke jam bergambar Keropi yang menempel di dinding. Baru jam delapan pagi, Aprilia memilih tidur lagi usai salat subuh mengingat hari libur.

"Woy! Aprilia, kamu masih hidup di dalam nggak keluar-keluar?"

Terpaksa mengumpulkan segenap niat untuk bangkit dari ranjang, dia menyibak selimut melirik ke jendela yang masih tertutup rapat sampai cahaya matahari dilarang menerobos masuk. Abaikan saja rambut acak-acakan, muka bangun tidur, dia tetap melangkah malas menuju ambang pintu.

"Ya ampun, masih piyamaan. Pemalas banget, sih," komentar Anggun dengan ekspresi jijik.

Perlu Aprilia ingatkan kalau Anggun jauh lebih pemalas, kamarnya saja mirip kapal pecah seakan beberes dan menyapu akan menguras seluruh energinya.

"Apaan, sih?" Aprilia memandang Anggun yang sudah mengenakan celana jeans dipadukan t-shirt putih.

"Belanja kebutuhan bulanan yuk, punyaku udah pada habis, nih."

Anggun sudah mendorong Aprilia masuk menyuruhnya mandi, lalu dia menyibak tirai serta membuka jendela sampai cahaya matahari masuk.

"Besok aja, sih, hari Minggu masih bisa." Aprilia ingin pingsan guling-guling saja di kasur sambil berbalas pesan dengan Rian di Messenger.

Anggun cemberut. "Besok mau kencan, sekarang aja, ya, ya."

"Entar deh sore apa malam, harus banget pagi?"

"Iya, soalnya siang Ciko mau jemput jalan-jalan."

Aprilia mengernyit. "Pacar baru kamu siapa sih, bukannya Dion?"

"Loh aku lupa belum cerita, ya?" Anggun sudah heboh menarik tangan Aprilia untuk duduk, seakan lupa tujuan utamanya menerobos masuk ke kamar orang pagi-pagi.

"Jadi, Ciko mantan yang ke berapa, ya ...." Sesaat Anggun memutar bola matanya mencoba mengingat dan gagal. "Entahlah intinya dia minta balikan berhubung ya masih sayang, jadi aku jawab iya. "

"Terus Dion, mau diputusin baru aja pacaran bulan kemarin!"

"Siapa bilang mau putus, dua-duanya lah."

Hah?

Aprilia paham kalau Anggun sering bermain hati, bahkan sudah memiliki cadangan setiap putus dari pacar sebelumnya. Tapi, memiliki dua kekasih sekaligus tidak akan mudah.

Sekarang Aprilia tahu setengah alasannya masih jomblo karena efek keserakahan Anggun. Bisa jadi aura memesonanya terserap oleh Anggun sehingga dia terkena kutukan tidak laku-laku.

"Tunggu aja karmanya, Nggun."

Anggun mencebik. "Kamu nyumpahi gitu? Tega banget, apa jangan-jangan kamu sendiri lagi kena karma makanya jomblo sampai karatan?"

Aprilia mengedikkan bahu cuek seraya berjalan menuju kamar mandi melewati gadis yang mengomel tak terima.

"Aku doakan deh kamu ketemu mantan yang bikin hidupmu apes gini nggak laku-laku."

Aprilia langsung memutar badan, melotot tak terima, lalu menghampiri Anggun untuk membungkam mulutnya. Jangan sampai dia bertemu salah satu mantannya, bisa bahaya!

Lanjutkan Membaca

Buku lain oleh Aeera

Selebihnya

Buku serupa

Bab
Baca Sekarang
Unduh Buku