Login to Bakisah
icon 0
icon Pengisian Ulang
rightIcon
icon Riwayat Membaca
rightIcon
icon Keluar
rightIcon
icon Unduh Aplikasi
rightIcon
Istri Tetanggaku Kuntilanak

Istri Tetanggaku Kuntilanak

Delly Rain Fello

5.0
Komentar
1K
Penayangan
10
Bab

Alif, pemuda tampan yang baru pulang merantau ke Jakarta. Di sana ia diperebutkan oleh dua wanita cantik, Lisa dan Ning, teman masa kecilnya. Namun, banyak hal aneh yang terjadi di Kampung Menyan. Hilangnya bayi dan raibnya kehamilan wanita adalah beberapa dari kejadian aneh yang terjadi. Alif juga dihadapkan pada pesona dan misteri Kumara, istri tetangga barunya yang diisukan merupakan jelmaan kuntilanak (kuntilanak adalah hantu wanita terkenal di Indonesia yang dipercaya gentayangan karena diperkosa, dianiaya, atau meninggal dunia saat hamil) karena tidak mau keluar rumah di siang hari dan sering bertindak di luar batas. Di sisi lain, Kumara yang sangat cantik mengaku pernah mengenal dan dekat dengan Alif, tapi Alif lupa. Mampukah Alif menghadapi semua situasi aneh itu?

Bab 1 Si Ganteng Pulang!

Sambil meninting koper yang isinya tidak banyak dan pastinya tidak seberapa Alif jalan petantang petenteng menuju rumahnya. Dari jarak sepuluh meter saja jejaka ganteng bergaya agak urakan itu sudah bisa bisa menghirup aroma sedap ayam goreng bumbunya Mpok Indun, enyaknya.

Asyik nih pulang langsung makan, batin Alif. Capek rasanya sepanjang perjalanan berjam-jam dari pulau Batam sampai Jakarta dia lewati dengan tebar pesona ke sana kemari sama para harem, termasuk mbak pramugari pesawat yang cantik plus bahenol surenol. Godain orang kan butuh tenaga juga yak? Itu makanya bujang itu udah kelaparan saja.

"Assalamu 'alaikum. Nyak! Aye pulang!" teriak Alif riang dari muka pintu rumahnya, pas di teras. Alif memandang teras, masih sama bentuknya seperti dua tahun lalu sebelum ia pergi merantau. Ada dipan buat duduk, kadang dipake buat bobo bobo cantik. Lengkap sama meja kayu tempat biasa Mpok Indun sajikan bala-bala apa gorengan, kue cente, atau apa saja yang biasa ibunya itu olah di dapur.

"Assalamu 'alaikum! Nyak! Ya elah! Timbang nyautin doang kagak ade yang muncul nih penghuni rumah? Ape aye kagak disambut nih?" omel Alif manyun karena merasa anak bujang satu-satunya yang ganteng, perkasa, dan keren seantero planet tidak disambut meriah kepulangannya.

Beberapa saat kemudian, muncul wanita berusia lima puluhan memakai gamis rumahan dan songkok seadanya menutupi rambut yang masih hitam kayak gadis belia dari dalam rumah. Langsung semringah dan menghambur menyambut Alif.

"Masya Allah! Lu udah pulang, Tong! Ya Allah anak Enyak! Kangen banget Enyak ama anak bujang Nyak yang ganteng!" Segera saja Mpok Indun memeluk erat Alif sambil jejingkrakan kesenangan.

"Nyak! Aye juga kangen beud sama Nyak! Very very kangen, Nyak!" kata Alif pasang muka manja.

Segera saja mata Mpok Indun berlinang sambil memandang anak bujang dari atas ke bawah. "Anak Nyak kok jadi kurus begini dah? Kurang makan lu ya? Kasihan. Capek kerja pasti ya, Tong!" Mpok Indun malah mewek.

"Ya Nyak tahu sendirilah Nyak kerja di proyek. Berat, Nyak, berat. Nyak nggak bakal sanggup, biar aye aja," kata Alif ngedrama.

Tiba-tiba saja kepala Alif ditimpuk kuat sama gulungan daun kelapa. Babe Rojali dengan muka garangnya sudah berdiri di samping Alif. Pria berusia lima puluh dua tahun itu berkacak pinggang dengan posisi mantap.

"Babe! Nape kepala aye ditimpuk?" protes Alif sengit sambil kesakitan memegangi kepalanya.

"Iye! Emang gua yang nimpuk lu? Nape lu berani lawan gue? Ayo!" Babe Rojali segera beraksi pasang gerakan kuda-kuda silat Betawi di depan Alif.

Alif mendengkus kesal. "Nasib aye punya Babe model gini. Anak baru pulang merantau bukannya dipeluk, cipika cipiki kek, ditawarin ngopi kek, apa kek! Malah ditimpuk aye! Ntar aye aduin Babe ke KPCG! Nyaho!"

"Apaan tuh KPCG? Lagu-lagunya baru dengar gue! Kalau Komnas perlindungan anak dan wanita nah itu gue tahu!" kata Babe Rojali.

"KPCG, Komisi Perlindungan Cowok Ganteng! Babe kagak tahulah! Cuma yang cakep bisa terdaftar di situ. Kayak aye!"

Bug! Kepala Alif malah kena gebug lagi sama Babe Rojali.

Alif meringis kesakitan lalu lari ke belakang Mpok Indun.

"Tulungin, Nyak! Lihat aja ntuh kelakuan lakiknya Nyak. Anak dua tahun kagak pulang malah digebukin! Kurang sajen ape? Ape kurang kasih sayang? Gara-gara Nyak nih!"

"Sekate-kate lu! Mau gue gulung lu pake jurus Kadal Terbang Kepentok Rudal?" Babe Rojali kembali pasang kuda-kuda.

Alif mau kabur aja, tapi Mpok Indun menahannya dan melotot marah ke suaminya. "Bang! Elah! Udeh nape, Bang? Apaan sih sama anak juga main tepok mulu! Anak kite baru balik rantau juga dihajar kayak ngajar maling!"

"Kagak usah lu belain dah tuh anak! Besar kepala die! Ntuh buktinya udah umur segini masih aja pengangguran kagak ade hasil! Merantau kagak jelas, kirim uang kagak pernah. Eh, sekarang malah balik nggak bawa ape-ape! Dasar begajul lu! Ngapain aje lu di Batam? Ngelapin jembatan lu?" Babe Rojali terus saja nyerocos. Alif jadi kecil hati dan kesal.

"Be, sekali aje Babe hargai kerja keras aye. Ngerantau itu nggak gampang, Be. Apalagi saudara di sana kagak ade, lapangan kerjaan sulit, kalau dapat juga, biaya hidupnya besar, Be. Aye pan ngirim juga ke Nyak ma Babe! Segitunya amat sih, Be."

Babe Rojali gerak mau nimpuk kepala Alif lagi, tapi langsung dihalangi Mpok Indun. Alif berusaha sembunyi di belakang badan Mpok Indun yang biar tua, tapi masih semok. Mereka sudah terlihat seperti ondel-ondel lagi pada ribut.

"Bang! Udeh nape sih, Bang! Udeh tua juga timbang ngalahan gitu sama anak. Biarin Alif makan, istirahat dulu." Mpok Indun mulai panik.

"Kagak usah dikasi makan nih begajulan! Cerite kirim uang lu? Cume tiga kali doang, habis tuh ngilang dah lu sampai dua tahunan kagak ade kabar. Alasannya gaji ditahan bos lah, dirampoklah uang lu, ape lagi? Bosen gue! Mending lu pergi lagi dah ke mana gitu!"

"Ya udeh! Kalau Babe kagak mau aye di sini, biar aye pergi! Aye kagak mau balik lagi!" Alif ngambek tidak karuan.

"Pergi sana lu! Gegayaan aja paling lu!" Babe Rojali berusaha mau narik Alif. Kedapatan rambut Alif yang jadi kusut padahal sudah disetel keren pakai pomade.

"Aduh, Nyak! Tulungin!" Alif kesakitan.

"Pakai tindik di kuping sampai berapa lu? Paling kerjaan lu kagak beres pan di sana? Ngaku lu! Lagu lu kayak anak metal! Tapi dompet lu kayak setan!" Babe Rojali masih geram saja.

Mpok Indun mulai tarik napas, tersengal-sengal, lalu akhirnya berteriak. "Diam!!!"

Rumah terasa berguncang, langit-langit rumah bergoyang, laba-laba yang lagi nyangsang mintal jaring ala Spiderman langsung kabur, semut-semut yang lagi gerogotin gula di toples yang lupa ditutup Mpok Indun pada ngibrit, tuyul-tuyul yang baru ganti kangcut siap beraksi mau nyolong pulang balik ke majikan, kagak jadi maling.

"Diam kagak lu pada? Mau tidur di luar lu dikelonin nyamuk?" jerit Mpok Indun geram bukan main, songkoknya melorot, rambutnya udah aut-autan kena tegangan tinggi.

Alif dan Babe Rojali ketakutan dan langsung mengangguk menurut. Mereka kemudian masuk ke dalam rumah.

***

Setelah makan siang, Alif niatnya mau jalan-jalan cobain si Emen, motor kesayangannya yang sudah dua tahun dia tinggal. Syukur Babe Rojali mau merawat motornya itu. Ternyata Babe baik juga. Alif sampai mau nangis bombay.

Tiba-tiba kunci motor Alif dicabut dari tempatnya. Automatis motor itu berhenti nyala.

Alif bingung dan menoleh sengit mau mihat siapa yang jahil mencabut kunci motornya, sudah mirip Pak Isilop yang menilang di jalan.

Segera saja Alif melihat dua wajah mengeringai jahil di dekatnya. Dua pemuda seumuran dengannya.

"Njirr! Udeh kayak bos mafia aje gaya lu, Lif! Sukses berat kayaknya nih yang baru balik dari Batam City!" seru Bobi sambil menepuk kuat bahu Alif.

"Jaket kulit, sepatu oke punya, jam tangan mentereng. Kw apa asli tuh?"

"Anjayani! Kagak ade di gue yang namenye Ke, Bos!" celetuk Alif sambil memantik mancis, siap ngudut.

"Bagi rokok dong, Bos! Lu kan udeh tajir sekarang habis kerja di proyek!" ujar Aldebaran alias Ale kepada Alif.

Kedua pemuda itu menggoncang motor Alif sampai Alif mau jatuh.

"Rese banget sih lu pade! Kagak lihat lu badan gue kurus kayak gini! Banyak kena tipu gue di Batam. Gaji gue dilariin sama mandornya biar lu pade tahu! Bukannya simpati, malah pade nodong lu!"

Bobi sama Al malah semakin ganas mendorong Alif.

"Halah! Paling drama lu aja, Ngab! Badan lu kurus kebanyakan ...." Bobi peragakan gerakan internasional yang sudah diketahui para lelaki.

"Bujug! Lu kali biangnya c*** gue kagak, Hyung! Kalau mau aja, di Batam banyak. Tinggal lu pilih aja. Tarif beragam, Man!"

"Nah, ntuh! Makanya gaji lu pada habis ke situ kan? Alasan lu aja sama bonyok lu!" tuding Al lagi.

Alif tertawa. "Gue masih perjaka, Oon! Perjaka ganteng limited edition makanya gue bener-bener jaga kesucian gue!"

Sontak Bobi dan Al langsung ngakak dan menggasak Alif, memaksa pemuda itu turun dari motor.

"Udah. Jangan banyak gaya lu! Mau ke mana lu? Kita-kita udah pada di sini lu malah mau pergi aja!"

Alif pun tertawa. Bercanda ria dengan kedua sahabatnya sedari kecil itu. Yang paling cakep jelas Alif, tapi ada persamaan mereka yaitu masih jomblo dan kerjaan belum jelas. Ya iyalah! Hari gini cari cewek mau sama pengacara. Muke lu jauh! Tampang aja kagak cukup, Man! (Tampang Babe Rojali muncul).

***

Malam itu Alif duduk di teras menikmati kopi buatan nyaknya. Cuma pakai kaos dan koloran doang duduk santai sambil mengangkat satu kaki ke meja. Langsung seluncuran main handphone. Cari kabar terbaru. Kali aja si Manda, mantan Alif yang seksi mirip Kylie Jenner waktu SMA sudah putus sama cowoknya anak Taipan di Jakarta. Ealah! Kecil harapan, Bro! Benar aja. Manda posting foto pose di depan mobil mewah yang baru dibelikan pacarnya. Rambut cewek itu terlihat cantik dicat blonde, pas dengan kulit putih bening, dan body gitar Spanyol.

Alif berseru meriah melihat foto itu. "Eh, anjirr! Ntuh bibir udah kayak apem kebalek aje! Monyong-monyong dah tuh!"

Alif menggeser layar dan melihat status Al lewat di feed IG-nya. Al menulis sebuah quotes romantis disertai fotonya dan Zaskia, bunga desa di kampung Menyan, kampung mereka itu.

"Ya elah! Masih sadboy aje lu! Dua tahun gue pergi masih ngejer si Kia! Dasar bucin kadaluarsa lu!" Alif cekikikan lalu menulis komentar di status Al mengejek temannya itu.

Babe Rojali datang dan menurunkan kaki Alif dari meja sehingga pemuda tampan itu tersentak kaget.

"Yang sopan lu!" ujar Babe Rojali lalu mengambil tempat duduk di depan Alif.

Bik Cenul tetangga yang berjarak dua rumah di seberang datang membawa sepiring kue bolu.

"Assalamu 'alaikum. Mbak! Mbak Indun! Iki lho aku tadi masak kue." Bik Cenul berseru ceria di depan rumah.

Alif, Babe Rojali, dan Mpok Indun yang muncul dari dalam rumah menyahuti salam Mbok Cenul.

Mbok Cenul langsung kaget dan semringah melihat sosok Alif ada di situ.

"Ealah! Anak lanang wis mulih to? Duh, ganteng tenan kue, Lif!" Tanpa dipersilakan lebih dulu, Bik Cenul buru-buru letakin sepiring kue bolu di meja dan mengambil tempat duduk di samping Alif.

"Apa kabarnya to, Mas?" tanya Bik Cenul.

"Apik, Bik," jawab Alif sambil tersenyum manis ke Bik Cenul. Jelas itu senyuman mautnya.

Bik Cenul langsung cengingisan dan mencubit lembut tangan Alif.

"Cah ganteng iki! Wis rabi?" tanya Bik Cenul.

"Ora, Bik." Alif meminum kopinya santai.

"Lho, lho, ngopo to? Opo ora onok calon? Atau ... opo yo namanya? Anu ... jomblo?" Mata Bik Cenul mengkilat tampak penasaran dan menggelikan. Wanita paruh baya bertubuh gemuk itu lalu memukul bahu Alif. "Ah, kepiye iki? Masa ganteng ora onok sing pengin? Aku yo gelem." Bik Cenul cekikikan sendiri.

Mpok Indun berdehem. Bik Cenul langsung salah tingkah, tapi kemudian cekikikan lagi. "Lisa seneng ngerti iki."

Lalu Mpok Indun dan Bik Cenul sibuk mengobrol. Sementara Babe Rojali sedang membuat janur dari daun kelapa muda yang tadi siang dia ambil. Ada saudara yang mau mengadakan hajatan dan meminta bantuan Babe Rojali.

Alif masih ngotak-atik handphone. Bosan dengan media sosial, niatnya dia mau streaming nonton film aksi terbaru, tapi perhatiannya teralih ke sosok yang berdiri di depan rumah yang berada tepat di depan rumahnya.

Rumah besar yang dulunya milik perantauan Sumatra Barat, pasangan pedagang yang mempunyai lapak dagangan besar di Tanah Abang. Alif tahu mereka sudah pindah tepat bersamaan ketika Alif pergi merantau ke Batam.

Mata Alif terpaut pada sosok wanita yang berdiri seperti patung di teras rumah itu. Ia mengenakan gaun putih panjang yang menjuntai hingga ke kaki, rambut panjang hingga sepinggang, dan kulit putih bersih, tapi terkesan teramat pucat. Wajahnya sangat cantik, bermata bulat, hidung mancung, bibir merah ranum, dan dagu panjang berbelah. Kecantikan yang tidak biasa terutama di kampung itu. Alif tidak pernah melihat ada perempuan dengan kecantikan khas sepertinya di kampung itu. Namun sorot matanya terkesan kosong. Wanita itu seperti tengah melamun, memandang kosong tanaman di teras rumahnya.

Selama itu juga Alif terpukau melihat sosok wanita tersebut. Begitu cantik dan elegan. Seperti patung marmer. Walaupun agak terkesan aneh.

Tiba-tiba saja bulu kuduk Alif merinding. Pemuda itu menoleh ke ayahnya.

"Be, cewek itu siapa? Penghuni baru rumah depan ya?"

Babe Rojali tanpa melihat arah pandangan Alif mengangguk. "Iye."

"Siapa namanya, Be? Sejak kapan dia tinggal di bekas rumahnye Uda Fazil? Dia tinggal sama siape, Be?" Berondongan pertanyaan Alif cuma dikacangin sama Babe Rojali yang kembali sibuk membuat janur.

Alif langsung kaget begitu wanita yang berdiri di depan rumah itu tatapan matanya mengarah ke Alif. Begitu tajam dan dalam seolah ingin menerkam Alif. Mempesona dan mematikan di saat bersamaan. Mendadak Alif merasakan perasaan yang aneh terhadap wanita itu.

Bahu Alif tiba-tiba ditepuk. Alif terlonjak kaget dan refleks mengucap istighfar.

Bik Cenul tersenyum pada Alif. "Ngopi to, Lif? Kok ngelihatin Kumara sampai segitunya? Dia itu serem. Jangan dilihatin," ujar Bik Cenul.

Alis Alif bertaut bingung. "Maksudnya cewek itu, Bik?" tanya Alif sambil menunjuk ke arah wanita itu.

Bik Cenul langsung ketakutan. "Ojo ditunjuk-tunjuk, Mas! Kan Bibik udah bilang jangan dilihatin. Serem!"

"Kok serem? Memangnya kenapa dia, Bik?"

Bik Cenul melirik ke arah wanita yang bernama Kumara lalu merinding dan langsung membuang pandangannya. "Dia itu nggak pernah keluar rumah kalau siang. Jarang ngobrol sama tetangga. Mukanya juga pucat persis ... hii ... setan."

Bik Cenul memelankan suaranya. "Satu kampung ini takut ngelihat dia. Tingkahnya itu lho. Udah nggak pernah keluar rumah kalau siang. Pas malem sukanya berdiri gitu di depan rumahnya. Kadang sambil nyanyi-nyanyi ora jelas. Hiii serem!

Alif tertawa. "Namanya juga karakter tiap orang beda-beda, Bik. Masa gara-gara itu dia dibilang setan? Jelas manusia gitu."

Bik Cenul menggeleng. "Mbuhlah. Menungso tapi kok ya mirip setan. Bisa dadi kancane setan. Saiki akeh sing aneh-aneh."

Bik Cenul lalu berpamitan pada Mpok Indun dan yang lainnya. Alif memikirkan perkataan Baik Cenul sesaat. Kalau dipikir-pikir memang aneh. Penampilan Kumara yang dilihat Alif juga aneh. Dan mendadak wanita itu sudah tidak ada lagi di teras rumahnya.

Alif mengusap tengkuknya.

***

Bersambung

Lanjutkan Membaca

Buku serupa

Buku lain oleh Delly Rain Fello

Selebihnya
Bab
Baca Sekarang
Unduh Buku